Selasa, 28 Februari 2012

Seledri Yang Kaya Manfaat

Sebelumnya kita telah membahas Pantangan dan anjuran untuk penderita asam urat. Sekarang pembahasan kita adalah seledri yang kaya manfaat. Selama ini kita memang sangat familiar dengan seledri yang banyak digunakan sebagai campuran dalam masakan misalnya untuk pelengkap sayur sop.  Namun sebetulnya seledri ini memiliki banyak manfaat yang tidak kita ketahui sebelumnya.  Seledri atau yang bernama latin Apium graveolens dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi.
Seledri merupakan sayuran yang oleh banyak masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan
tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.  Buat kamu yang menderita tekanan darah tinggi bisa mulai dicoba untuk mengkonsumsi seledri secara teratur.
Tumbuhan seledri dikatageorikan sebagai sayuran, perkebunan seledri di Indonesia terdapat di Brastagi, Sumatera Utara dan di Jawa Barat tersebar di Pacet, Pangalengan dan Cipanas yang berhawa sejuk. Tumbuhan berbonggol dan memiliki batang basah bersusun ini, pada dasarnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dan diantaranya seledri yang umbinya dapat dimakan. Bagi bangsa Romawi Kuno tumbuhan seledri digunakan sebagai karangan bunga.
Di sisi lain Seledri juga mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.

Sumber: Lapar.com

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India