Rabu, 30 November 2011

Trojan Mengancam Android



Tak asing lagi bagi para pengguna komputer di seluruh dunia dengan nama-nama seperti Kaspersky dan McAfee. Perusahaan pembuat program antivirus ini, melaporkan bahwa ada kenaikan presentasi yang sangat besar tentang penyebaran Trojan Malware yang mengancam para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android. Informasi ini di dukung oleh laporan dari Juniper Network.inc yaitu sebuah perusahaan Teknologi informasi asal Amerika yang membuat dan menjual layanan dan perangkat jaringan IP (Internet Protocol),
bahwa jumlah Malware yang mengancam Android telah melonjak sebesar 472 persen sejak Juli 2011 dan naik semakin tajam pada Oktober dan November 2011 hingga 171 persen. Bahkan dalam minggu ini saja tercatat ada 44 jenis malware yang mengancam sistem operasi ini.


Trojan SMS adalah malware yang saat ini hangat dibicarakan menyerang pengguna smartphone. Salah satu cara kerja trojan ini adalah  menggunakan nomor pengguna yang telah terinfeksi untuk melakukan panggilan telepon, transfer dan sebagainya  tanpa sepengetahuan pengguna smartphone itu sendiri sehingga mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Trojan ini masuk ke smartphone melalui layanan aplikasi yang ditawarkan ke pengguna. Trojan akan secara otomatis terinstal ke smartphone ketika proses download atau instal aplikasi. Pada smartphone yang telah terinfeksi, maka datanya akan dapat di akses baik itu data telepon maupun data SMS masuk dan keluar oleh pihak ketiga.

Mengetahui penjelasan dan  angka-angka diatas tentunya membuat ciut hati para pengguna Android. Lalu bagaimanakah mencegah Trojan SMS menginfeksi smartphone.?? Hal utama yang harus dilakukan adalah jangan menginstal aplikasi-aplikasi yang di tawarkan oleh layanan tanpa sumber yang jelas, karena trojan tidak akan menyebar jika kita tidak menginstal aplikasi yang ditawarkan. Selanjutnya perlu untuk menginstal program pengaman/antivirus untuk membentengi keamanan pada smartphone. 

Sumber:  Beritanet.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India